Rabu, 11 Februari 2009

Mengapa Sholat Bikin Sehat?

Karena Sholat bikin orang hidup teratur, itu jawabnya. Ini pendapat subjektif saja dan dari melihat orang-orang di sekitar.

1. Teratur dalam kebersihan
Bersih badan, gigi, pakaian dan tempat. Kalau mau ke masjid kok jorok atau bau kan malu. Jadi sholat itu memotivasi kita untuk selalu rajin menjaga kebersihan. Apalagi rajin menjaga kebersihan adalah sunnah rosul. Kalau sudah bersih, bakteri2 jahat sumber penyakit pun menjauh.

2. Teratur dalam tidur / Istirahat
Kecanggihan teknologi telah membuat orang betah melek berlama-lama alias begadang. Tv nyala 24 jam, radio juga 24 jam. Warnet pun buka 24 jam, hehehe. Hape-hapean dini hari murah tarifnya. Cafe, tempat hiburan dan tempat makan yang buka sepanjang malam makin menjamur. Sebelumnya cuma toko nisan yang buka 24 jam hehehe. Duuuhhhh, orang hidup di hari gini semakin di manjakan fasilitas saja.

Tapi hati2, kalo terlena otak yang gak kuat. Aliran darah di otak / kepala jadi terhambat. Banyak yang sudah kena stroke karena hal sepele: kurang tidur. Bapak juga pernah gitu, makanya bisa ngomong hehehe. hobinya begadang, liat David Beckam cs berebut bola. Awalnya suka pusing, diobati sendiri dengan bodrex dan sejenisnya. Puncaknya pas main bola, jatuh di lapangan. Untung teman2nya baik hati dan ngantar pulang ke rumah.

Seisi rumah terkejut dan panik lihat bapak hampir tak sadar dan sangat berterima kasih pada teman2 beliau. Lalu cepat-cepat di bawa ke rumah sakit. Alhamdulillah masih dilindungi. Nginap 2 pekan di RS. Habis itu masih ada terapi2. Dilatih menggerakkan tangan, kaki, lalu pelan2 belajar jalan. Kembali jadi balita ya. Makanya jangan suka begadang ya.. biar ga sakit aneh2. Dah sakit sekali, perawatannya rumit, keluarga gak tenang.

Tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan. Fisik dan otak kita dapat istirahat. Juga memudahkan menjalani sholat subuh di awal waktu.

3. Teratur dalam makan
Kalo kurang makan sholat jadi gak konsen. Kalao over makan sholat jadi malas. Ambil yang tengah, secukupnya saja. Sholat dapet, sehat juga dapet. Bebas nyeri lambung juga kan?

4. Teratur menata hati
Bacaan2 dalam sholat adalah dzikir/ingat kita kepada Allah Sang Khalik. Bukan sekedar mantra yang diulang2. Kalo sekedar mantera maka sholat kita pun asal selesai saja. Habis sholat ya sudah, nanti juga sholat lagi. Sekedar rutinitas dan memenuhi kewajiban saja. Seperti jarum jam yang selalu berputar tapi akhirnya kembali ke angka 1 lagi.

Kalo sbg dzikir maka kita bacanya pelan2 dan diresapi maknanya. Saat takbir kita yakin bahwa hanya Allah yg kuasa, yang maha besar. Saat Al Fatihah kita berharap jadi golongan hamba yang lurus, bukan yang ingkar. Maka kita akan bisa bedakan mana yg halal mana yg haram. Kalopun nyimpang jangan jauh2, hehehe.

Saat ruku' kita akui ketundukan kita pada Allah. Jadi kita gak akan percaya pada takhayul dan ramalan2 dukun mata duitan. Saat sujud kita resapi bahwa kita hanya hamba yang rendah. Maka buat apa sombong, takabur, membuang muka, kikir dan sejenisnya. Kalo kita masih sombong berarti kita golongan iblis yang tak mau memenuhi perintah Allah. Saat tahiyat kita berikrar janji setia pada ikatan Allah dan Rasul. Wah . makin berat saja kalo direnungkan. Nurut pada rasul? Ringan di ucapan tapi berat di lakukan. Sebisa mungkin kita lakukan semampu kita dulu saja.
Saat salam kita mendoakan keselamatan orang di kanan dan kiri kita. Kalo ada yg lapar kita beri makan walau sedikit, siapa tau itu menyelamatkan walau sesaat. Kalo di jalan juga gak usah ngebut biar orang lain juga selamat.

Dengan sholat yang tak buru2 - afdholnya di awal waktu jadi kita benar2 punya prime time buat Allah -kita jadi tenang. Selalu merasa punya pelindung yaitu Allah. Kalo hati sudah tenang wajah pun segar dan enak di pandang. Jadi sholat emang bikin sehat fisik maupun psikis kita.

0 komentar:

Posting Komentar