Minggu, 25 Januari 2009

Musim Hujan, Jangan Sakit Yaa

Musim hujan seperti sekarang kita mesti jaga diri. Siapkan mantel, payung, makan ga boleh telat, mandi jangan kemalaman, banyak minum air hangat, jangan rakus makan buah kalo-kalo ada ulat yang ga tampak, dll. Wah, dah mirip nenek-nenek aturannya. Soalnya pengalaman sebelumnya saya gampang jatuh sakit kalau musim hujan.Sebenarnya sih ga berat-berat amat, cuma masuk angin. Tapi namanya sakit siapapun pasti ga nyaman.

Masuk angin yang paling parah saya alami tepat setahun lalu. Di tengah malam tiba-tiba perut seperti di remas-remas. Bwahhh.. luar biasa sakitnya. terus muntah-muntah dan seluruh isi lambung keluar dari mulut dengan suara keras. Bluuurrrrr.. kamar yang baru saja di rehab tanpa ampun penuh sampah yang menjijikkan. Saya tak berdaya melangkahkan kaki karena badan sangat lemas dan sekeliling terasa dingin sekali. Tulang belulang dan otot-otot rasanya sudah lepas tak berbekas.

Setelah tak ada tempat bersih yang tersisa saya paksakan tubuh merangkak ke bawah, mencari tempat yang bersih di dapur. Tapi malah tergelepar di depan kamar mandi, sudah ga kuat lagi memindahkan badan. Rasanya sudah jadi cacing yang tak bertulang belakang. "Bapaaaaaak.........", panggil saya mencari pertolongan.

Bapak keluar dan terdengar beliau bilang,"Ooo... masuk angin". Ha??? sakit seberat ini dan rasanya dah mau mati cuma dibilang masuk angin? Adik keluar kamar mendengar kehebohan di luar dan mengajak saya ke rumah sakit. Bonceng motor pun sudah tak kuat. Bisa-bisa malah jatuh di jalan. Kalau naik becak, mana ada becak tengah malam di tengah kampung? Lagi pula kalau di rumah sakit pasti di coblos-coblos jarum. Tidak, lebih baik saya tidur di dapur dari pada tidur di bed rumah sakit yang sempit dan di suntik-suntik. Baru setelah dua hari saya periksa ke Puskesmas, tak perlu di coblos jarum suntik.

Sampai sekarang adik suka ngolok-olok, "Bapaaaaaaaaaakk" dan orang yang dengar pasti tertawa. Dah tua masih nyari bapaknya. Makanya jaga diri itu penting. Mudah sakit di musim hujan dan sakit sangat menyiksa. Makan yang banyak, minum susu (kalau ada), tidak hujan-hujan, tidur yang cukup biar tetap sehat.

0 komentar:

Posting Komentar