Kamis, 05 Maret 2009

Tumben Dia Baik Sekali

Rabu, 4 Maret 2009

Ku lihat kesibukannya: sudah dandan, ambil kunci, pake helm. Wow, mo jalan2 ma suaminya nih. Ku goda saja adekku itu : " Jangan lupa beli martabak manis, tanpa kacang"."Gak mau", tolaknya. Martabak manis tanpa kacang adalah kue kesukaan ibu. Dan malam Kamis biasanya ortu pada sahur buat puasa sunat. Kalo di beliin martabak dan lupa ada isi kacang beliau tak bisa sembunyiin kecewanya. "Mo beli yang gak ada coklatnya saja", katanya. "Iya, Beli yang banyak kacangnya saja", balas saya. Hahaha... kami tertawa. "Tuuuuuuuttt..., ngapain to ya? tegor ibu. Ibu emang tak suka bila anak bungsunya saya goda (dompetnya). "Mo beli martabak. Tar ibu dua, bapak dua, saya satu tapi yang pinggir. Jadi irisannya paling tebal," jawab saya. Karena cuma candaan akhirnya ibu tak jadi marah.

Adek pergi dan saya pun menyibukkan diri. Bersih2 kamar, rapikan sprei yang bergulung2. Lalu tidur2an sambil ngitung2 kerjaan tadi siang. Jadi ingat jaman sekolah dulu, kalo malam belajar. Belum selesai mikir2nya, terdengan suara sandal ketiplakan menaiki tangga. Siapa nih malam2 naik ke atas. "Assalamualaykum...." suara cempreng itu tak lain adek. "Waalaykumsalam..." jawab saya tak beranjak dari kasur. "Nih, ta kasih kesukaanmu", tangannya meletakkan bungkusan plastik di depanku. Kupegang, hangat. "Hahaha.. Ulang tahun ya? ledekku. Makasih..." "Walah, ulang tahun apa", jawabnya terus ngeloyor pergi.

Si bungsu itu memang hapal kalo kakaknya ini suka burjo atau wedang ronde. Dan malam ini ia kok perhatian sekali. Dan saat saya turun di atas meja sudah ada martabak manis. Ku sambar satu, gak mantap rasanya. Manis doank, ga ada renyah2nya. Hehehe, ia beneran beli yg tanpa kacang.

Paginya, abang satu2nya datang. Ia memang suka mampir kalo habis ngantar anaknya sekolah. Menghabiskan waktu sejenak karena kalo langsung pergi kerja masih kepagian. Jadi gak enak nih karena saya belum bayar utang ke dia. Motor yang tiap hari di suruh ngantar wira - wiri selama ini angsurannya memang lewat abang. Saatnya merayu adek lagi nih

Tuti : Bayarin dulu donk sih
Asih : Enak aja
Tuti : Ya udah

Saya terus ngeluarin duit. Banyak sekali karena recehan. Ada seribuan, limaribuan dan sepuluh ribuan. Ia malah ngeri sendiri.

Asih : Dah, gak usah
Tuti : Beneran ?
Asih : Iya, tar malem aja kamu bayarnya

Akhirnya ia mau juga bayarin dulu. Bukan itu saja. Sebelum berangkat ia masih sempat pesan, "Tuh ada martabak pisang. Di makan ya? " Weks, tumben sekali nih dia begitu pemurah. Dah nraktir macam2, masih juga nalangi hutang, dan sekarang ninggalin kue. Biasanya dia itu... galak dan suka ngolok2. Yach, just kidding aja karena anak ortu yang tinggal di rumah tinggal kami berdua. Ortu selalu berpesan agar anak2nya pada rukun. Gak usah nunggu kaya untuk bisa rukun. Moga aja pesan itu selalu bisa di wujudkan.

0 komentar:

Posting Komentar