Kamis, 23 April 2009

Beranikah Keluar?

Tiga bulan lagi kredit motor saya lunas. Itu berarti janji pada diri sendiri pun harus di lunasi. Yach, dulu saya janji kalo kerja di bengkel ini sebagai sekolahan tempat nyari ilmu dan pengalaman. Dan setelah pengalaman itu sudah cukup saya harus keluar. Meninggalkan sarang dan belajar terbang sendiri. Seperti elang.

Dari awal saya tak pengin beli motor. Sebagian gaji saya tabung, rencananya buat modal. Tapi tiba2 harga bbm naik 2 kali lipat. Ongkos angkot pun otomatis jadi naik. Selain itu rutenya berubah. Jadilah saya harus naik angkot 2 rute, ongkos pun 2 kali lipat. Belom lagi waktu yang habis di jalan buat muter2.


Di saat2 sulit itu tiba2 abang sulung kasih kejutan dengan brosur motor. Malem2 pas saya baru pulang, abang nawarin mo pilih warna apa. Ya Allah...kek dapet durian runtuh saja. Sama sekali ga kepikiran kalo mo punya motor. Benar juga ya kalo Allah suka ngasih jalan keluar dari jalan yang tidak di sangka2. Sebelumnya kakak cewek juga nawarin tapi saya gak tertarik karena belum mendesak. Akhirnya tabungan pun di bongkar buat uang muka.


Bekerja ikut majikan - memang sih kalo untuk jajan sendiri masih bisa. Tapi apa ya hidup cukup hanya mau jajan. Suatu saat kita juga pengin bisa beli rumah sendiri ato tanah (minimal tanah kuburan). Biar kalo tua ada bekal. Ga ingin nanti tua hidup tersia-sia ato numpang dari belas kasihan orang lain- sodara sekalipun. Uff... tapi gimana ya memulainya?

Banyak orang sukses berawal dari hal kecil. Modal dengkul. Ohhh... saya pun ingin jadi bagian dari mereka. Ya Allah.. beri saya jalan keluar yang baik.

Dan keliatannya dari penglihatan selama ini para bisnis man itu bukan orang yang banyak cakap. Diem tapi menghanyutkan. Ohhh.. tentu saja ya.. karena yang pada pinter ngomong dah jadi politikus, pengacara atau sales.

Pak Yanto yang juragan supermarket elektronik dan suka ngolok2 saya itu orangnya pendiam sekali. Santun dan lucu. Bapaknya dulu jualan kue putu, trus jualan tipi. Enggak taunya lama2 menggurita. Semua yang pake listrik ada di tokonya. Semua orang yang abis gajian gede lari ke tokonya.

Pak Tresno yang punya toko ban mobil di banyak tempat itu dulunya tukang ban. Meski sekarang dah jadi konglomerat tapi sikapnya masih santun sekali. Wajahnya juga masih menyiratkan kalo dulu orang susah.

Mas Nonot yang MC terkenal dan mahal tarifnya pun gak malu buka jasa pijat di rumahnya. Sekelas selebritis loh tapi hatinya mulia sekali, ngasih kerjaan kepada orang lain yang membutuhkan. Naaaa.. buka usaha bukan berarti nyari uang doang khan? Juga ngasih rezeki kepada sesama.

Moga mereka bisa jadi cambuk buat saya. Tuti... jangan jadi bebek terus ya. Emang sih.. jadi bebek itu nyaman. Aman, di giring2 jadi gak akan salah jalan. Tapi harus bisa hasilkan telor tiap hari. Kalo ga produktif siap2 aja di sembelih.

Tuti.. jadilah elang. Bisa terbang tinggi dan jauh. Tak ada yang atur2, tak ada yang marahin pula. Hidup akan lebih baik dan mulia, meski sayap patah jadi resikonya. Oh My God, beri hamba energi elang, bukan bebek.

0 komentar:

Posting Komentar