Rabu, 30 September 2009

Bau Misterius

Siang setelah pemakaman Slamet...

Ke rumah mas Sigit, ambil pesanan kartu servis. Sudah janji ma mas Sigit kalo cetakan mau tak ambil sendiri, tak usah di antar. Dan dua hari lalu mas Sigit beneran ngasih tau kalo pesanan sudah jadi, bisa di ambil. Tapi mau ambil ada2 saja halangan untuk ke Ngasem, rumah beliau.

Di gang, papasan mbak P yang habis melayat Slamet. Dia mo pulang ke Klaten. Rasa hati ingin nganter dia sampe terminal. Tapi kalo inget Slamet , wah, takut juga resiko boncengin orang. Jadi dia saya biarkan jalan kaki sendirian. Pasti lumayan manyun nunggu bus di tepi jalan.

Sebelum ke percetakan, mampir beli pulsa dulu. Anak bos sms minta di beliin pulsa.

Tengah Malam....

Dalam tidur hidung saya mencium bau kembang. Wangiiiiiiiii....sekali. Seolah papasan dengan seseoang yang mengguyur badannya dengan segalon parfum ato air kembang. Terkejut bukan main. Mata pun cepat2 melek. Gelap. (Kalo tidur suka gelap biar lelap, juga hemat energi seperti iklan pln).

Bau wangi itu masih menyengat, memenuhi rongga2 hidung, menusuk tajam banget. Hmmmm.. tumben sekali ada bau aneh kek gini. Lalu kepala pun mencoba inget2 di mana saya berada. Dikamar, sendiri. Baru kali ini di kamar saya nyium bau wangi kembang yg sangat tajam.

Biasanya di tengah malam yg saya tangkap adalah bau tembako kakek sebelah. Dulu saya pun kaget luar biasa di kegelapan ada aroma asap jelek itu. Seolah ada lelaki merokok ngintip tidur saya. Habis aromanya ga hilang2 dan terasa dekat sekali. Setelah di inget2 baru sadar kalo di sebelah adalah rumah kakek perokok itu. Baunya khas sekali, apek, ga ada duanya (maaf ya kek). Lama sekali baru ngeh kalo sarang ini di atas. Jadi tak mungkin ada orang merokok ngintip tidur. Kalopun ada mestinya susah2 pake tangga segala.

Nah, malam ini pun begitu. Cukup lama membuka memori, bau wangi siapa ini. Apakah parfum di kotak make up tumpah. Tapi sudah lama botol parfum tinggal setetes, belum beli lagi (Lebaran ini sengaja ga nginjak lantai toko, ga shopping2, biar ga jadi korban vakum cleaner konglomerat).Jadi gak mungkin kalo sumbernya dari botol parfum.

Adakah saya papasan dengan orang wangi? Tapi ini sedang tidur, jadi tak mungkin papasan, kek di jalan aja. Ato: adakah tetangga yg mo kondangan? Lalu tengok hape, jam 24.00 wib. Subhanalloh...baru jam 12 malem, kok sepertinya sudah larut sekali. Tapi mana ada orang kondangan jam 12 malem.

Bau wangi itu menusuk2 hidung memenuhi muka saya. Belum puas, aromanya melayang2 di udara. Cukup lama mempermainkan kebimbangan hati, mencari2 kambing hitam siapa penyebar aroma wangi yg datang tiba2. Dan ia dengan setia menemani (dan mengganggu juga) istirahat saya.

Lama sekali bau wangi itu baru hilang. Saya pun nerusin tidur yang kepotong iklan kembang mayat. Itu lho, kembang putih yang biasa di pake dalam acara kematian orang kristiani dan orang2 kaya. Ibu menamakan kembang sedap malam. Saya menamakan kembang mayat.

Lagi2 di tengah tidur termin 2 bau kembang itu muncul lagi. Nyusss, merinding nyium baunya. Tapi tak berapa lama trus berkurang wanginya. Saya bangun lagi. Masih wangi, tapi tak setajam yg pertama. Takutttttt.... Nyata ga sih ini? Ambil hp, kirim sms ke Asih : "Ada bau wangi 2 kali di kamar". Biar kalo ada apa2 asih tau.

Setengah takut, sambil berdoa lanjutin tidur. Bau siapa itu yaaa...wangi banget. Entahlah.

0 komentar:

Posting Komentar