Minggu, 20 September 2009

Takbir Itu Padamkan Api

Sembilan hari terakhir jelang ramadhan berakhir...

Saat ramadhan hendak menuju puncak kesempurnaan....

Saat dua puluh hari perjuangan berat telah dilewati...

Orang yang sungguh2 puasa pasti menginginkan bisa beribadah lebih khusyu' lagi di sembilan ato sepuluh hari terakhir itu. Di sana ada malam Lailatul Qodr : malam kemuliaan yang nilai pahalanya lebih besar dari pada beribadah selama seribu bulan (sepadan dengan 83 tahun ato seumur hidup manusia). Disana juga ada hari pembebasan dari api neraka bagi yang menyempurnakan puasa sampai hari terakhir.Mungkin hanya orang2 tertentu saja yang bisa meraih hadiah Allah itu.

Menahan haus dan lapar itu berat. Tapi batasnya jelas. Tenggorokan yang kering dan perut yang kosong merintih2 ingin diisi itu letaknya di dalam. Sementara mulut tempat pintu masuk makanan itu letaknya diluar. Nah, remnya diluar kan. Jadi bila ingin makan ato minum tinggal bungkam mulut. Orang lain pun bisa mengingatkan bila kita lupa makan / minum

Tapi menahan omongan itu tantangan besar. Ini masalah hati. Amarah yang meledak2, mata yang selalu awas pada kutu di lautan, telinga yg selalu ingin mendengar berita buruk. Semua dengan mudah mengoyak mulut yang sudah di bungkam. Mulut pun ember ke mana2. Nafsu rohaniah itu remnya ada di dalam ( hati). Hanya diri sendiri yang bisa mengendalikan.

Luluskah puasa saya kemaren? Ramadhan 1430 H. Sepertinya tidak. Wallohua'lam. Di sembilan hari terakhir saya malah dapat berita buruk. Jeleknya, rem di dalam hati blong. Pasrah di bawa setan yang lolos dari kerangkeng neraka (Katanya kalo bulan puasa setan pada di kerangkeng ya).

M yang sudah saya anggap sodara sendiri, saya percayai 1000 % omongannya ternyata bohong. Saya pun ngamuk. Istrinya yang tak bersalah pun ikut saya takut2in.

Di mata saya kelewatan sekali cara dia berbohong. Orang boleh saja becanda, berbohong sedikit buat sekedar lucu2an. Tapi kenapa ia mesti berbohong dgn berlindung di balik ayat2 Allah dan sunnah Rasul. Ini yg saya gak terima, agama buat main2.

Lebih dongkol lagi saat ia mengakui kebohongannya. Lagi2 ia pake asma Allah

M : Qodarollah. Ini sudah kehendak Allah

Beughhhhh!!!!! Kemarahan saya pun makin membuncah. Allah dijadikan topeng.

Ia minta maaf. Tentu saja bukan hal yang enteng untuk memaafkan penipu kelas berat. Sudah menipu manusia masih juga pake nama Allah. Saya ngamuk. Puasa yang suci ini bukannya di isi dgn baca Quran ato dzikir. Malah di nodai dengan umpatan2 dan perang kata2.

Semalam kami adu mulut via pesan pendek. Baru berhenti saat saya ingat ada UU ITE yang bisa menghukum orang. Sms pun bisa jadi bukti tindakan pelanggaran hukum. Tetap belum puas, paginya habis subuhan saya mulai lagi perang sessi 2. Saya buka dengan ucapan "La'natulloh wa malaikatihi...". Pagi2 sudah buka puasa dengan pertengkaran. Berhentinya setelah ingat harus masuk kerja. Sudah jam 07.00 wib.

Malam selanjutnya...

Saya gak tau apa yang ada dalam hatinya. Merasa menang ato apa. Tiba2 telpon berdering. "M memanggil" ,gitu pesan di layar.

M : Assalamualaykum

Me: Waalaykumsalam

M : Lagi apa?

Me: Lagi nangis

M : Bla...bla...bla...(minta maaf & ngasih penjelasan)

Me: Udah ?

M : Gini...gini...

Me: Udah ?

M : Udah. Assalamualaykum

Saya sudah malas dengar suara M. Pintar mencari pembenaran. Tapi habis taraweh bendera perang saya kibarkan lagi di pesan pendek. Benar2 tak ada maaf. Lagi2 ia membalas dengan permintaan maaf yang panjang lebar.

Istrinya juga minta maaf, tapi saya cuekin. Malah saya resend pesan2 pendek dari suaminya. Biar nyonya itu dongkol. Ada bukti otentik siapa yang mulai bikin onar. Bahkan sempat saya olok2 : selamat ganti kartu mbak. Tega bener tuti ini nyakitin sesama.

Berhari2 saya sedih, nangis, tapi menang dengan sikap arogan ini. Bak artis di infotainment kesandung batu, saya pun ngadu ke teman2. Untunglah mereka baik2, memberi saran yang positif dan melarang saya nyebar kejelekan orang. Shine, makrus, tangkil... u're the best.

Akhir ramadhan takbir berkumandang di penjuru langit. Allohu Akbar... Allohu Akbar... Di barisan jamaah sholat maghrib itu air mata menetes di pipi. Ingat dosa2 yang banyak sekali. Juga kesombongan yang sangat tak pantas dihadapan Allah. Ada Alloh yang Maha Besar mengawasi semua makhluk ciptaan-Nya. Orang2 di seluruh dunia memuji kebesaran-Nya. Sementara saya malah berkubang dalam kesombongan dan kehinaan.

Pulang dari masjid cepat2 saya kirim pesan pendek ke istri M. Minta maaf. Ia balas minta maaf juga. Malah pake mendoakan yang baik2 juga (tulus ato ngejek bu'? )

Gema takbir itu meluluhkan kekerasan hati tuti. Memadamkan api yang sempat berkobar- panasnya membara- menyulut dendam dan amarah berhari2. Terimakasih ya Allah ... masih Engkau beri hamba-Mu kesempatan bertaubat.

0 komentar:

Posting Komentar