Rabu, 15 Juli 2009

Es campur

Rabu, 8 Juli 2009

Baru masuk kerja dua hari, dah dapat libur lagi. Libur pemilu pilpres. Bangun pagi, mandi, ngopi, nyuci baju. Trus sarapan pake sup bakso bikinan Asih. Malamnya ke rumah bibi Kah. Ia punya anak ABG bernama Uut yang rada melek teknologi. Saya mau tanya ke dia soal hape Samsung yang kemaren barusan saya beli. Si Samsung ini mau buat mainan. Yang Nokia buat nyari duit.

Duuuh.. punya dua hape, kek orang punya dua istri saja. Istri pertama dah jelek, berat, bosenin. Tapi otaknya pinter, memorinya penuh informasi penting dan sanggup di ajak kerja keras. Itulah si nokia 1200 biru.

Istri kedua cakep, masih langsing, menarik, wajahnya mempesona dan enak dilihat. Tapi otaknya gak encer. Memorinya baru sedikit. Manjanya juga minta ampun. Gak mau di letakkan sembarangan. Takut kulit mulusnya tergores. Saya harus merogoh kocek 22 ribu buat beli dompetnya. Fungsinya juga cuma buat main2. Sayang kalo harus di ajak kerja keras buat nyari duit. Ehhh.. malah morotin dompet saja.

Hahaha.. mungkin saja kemaren nokia itu rusak karena ia merajuk. Punya saingan baru, hehehehe. Beughhhhhhhh.. kek orang penting saja, punya hape dobel.

Nah, pas di rumah bibi itu ternyata ada tamu famili dari Jakarta. Orangnya sebetulnya hitam. Tapi karena berduit sekarang mukanya jadi putih mulus. Saat saya sedang di dalam omong2 sama Uut, tamu itu bicara sama cucunya yang masih balita:
'Coba gimana cara cuci muka yang benar? Diliatin gih biar wajah gak kasar.'

Saya ketawa ngikik. Dasar orang berduit, kulit saja di puja-puja. Orang miskin mah gak mikirin kulit. Bisa makan saja sudah bersyukur sekali. Dan demi bertahan hidup itu kami korbankan muka menghitam, tangan kapalan dan kulit kasar. Kalo gak kasar...ya gak makan.

Waktu saya mau pulang, tamu itu bertanya : 'Tut, kamu tuh sudah punya momongan berapa?' Bingung, malu, kaget, terkejut...nyampur jadi satu. Bak es campur saja. Asal saja saya pun jawab dengan tunjuk anak2 kecil yang ada di sana : 'Satu, dua, tiga, empat'. Dannnnnnn ...langsung kabur.

Entah apa yang ada di benak para tamu itu. Mungkin ga sopan sekali karena ditanyai orang tua malah cengengesan. Oh MG, kenapa selalu itu pertanyaan yang terlontar setiap ketemu orang. Saya gak pernah bisa menjawab dengan sopan.

Banyak orang yang menikah dan bahagia. Tapi ada juga beberapa teman yang menikah hanya karena malu sudah di kejar umur. Di makan kalender bahasa ledekannya. Hasilnya? Bibi R cerai karena suaminya masih abg banget, gak bisa di ajak mikir. T jadi istri ke sekian. Saat ia sakit suaminya ga nengok. Saat ia meninggal suaminya juga gak datang. Sekarang anaknya di rawat abangnya yang kebetulan baik hati.

Jadi...simpulkan sendiri aja ya... me juga gak ngerti.

0 komentar:

Posting Komentar