Kamis, 31 Desember 2009

Hendak Sakitkah?

Siang yang mendung, kalo sore kadang2 hujan lebat. Beginilah kalo sudah masuk musim hujan. Walo awan gelap tampak menggantung di langit, tapi rasa gerah mengalahkan semua. Mendung tapi panas.

Dan di siang itu, tiba2 saya menghirup debu. Debu sialan, ia tertiup angin kencang, terhisap ke hidung tanpa sempat saya antisipasi. Debu2 itu terasa sekali masuk ke hidung dan tenggorokan. Walo tak terlihat tapi indra ini benar2 tajam untuk merasakan perjalanannya di organ pernapasan. Tinggal menunggu waktu, besok flu menyerang.

Begitulah, sudah takdir bila debu masuk ke tubuh makhluk hayati. Virus2 yang hidup subur di dalam debu segera pindah habitat. Menginvasi tenggorokan, menggelitik sampe gatal, lalu bikin orang bersin2, demam, pusing, pilek dan terakhir batuk.

Tanpa nunggu waktu, saya segera siapkan jurus menyambut kedatangan flu. Banyak2 minum dan tidur sore2. Selain itu juga makan mie mie hangat di tambahin satu biji cabe rawit. Konon, cabe kecil ini banyak vitamin C. Ia sanggup bikin orang jadi segar.

Oh ya, walo cuma mie, itu bukan buatan sendiri. Adek yg bikin. Tuti ga pernah masak karena hasil jerih payah saya berkutat di dapur tak ada yg doyan mengkonsumsi. Mubazir, terbuang percuma. Makanya teman2 tak pernah menjumpai cerita tuti masak di sini. Apalagi harga minyak tanah mahal. Kasihan kan sama ibu, kalo saya membuang2 emas cairnya. Pake gas katanya lebih murah dan cepet, tapi ibu takut kalo meledak.

(Pernah ding kemaren masak pas libur. Masak gule ayam. Ga tau rasanya gimana menurut orang, karena gak pake resep yang valid. Langkah pertama, beli ayam dolo di tempat yg terpercaya. Lemaknya dikit (ayam kurus kaleeeee), irisannya rapi, dan harganya ga pake nawar. Beli setengah kilo harganya 11 ribu. Terus beli bumbu gule yg udah jadi harganya 2500 perak. Terus beli santan instan di warung ibu seharga 1500 perak.

Di masak ga sampe sejam , uang senilai 15 ribu udah berubah jadi gule ayam sepanci. Cepat, hemat, lezat. Nurut saya lhoooo.. xixiiix membesarkan hati sendiri. Maklum, masaknya aja bergaya ala chef di tv. Serba instan).


Nah, selain makan mie anget, juga minum susu, juga air tomat. Waduh, rakus banget. Semua masuk perut. Semoga saja jurus2 ini bisa mencegah flu. Soalnya kalo sampe sakit harus di rasain sendiri. Hiiii...takuttttt

0 komentar:

Posting Komentar