Jumat, 12 Februari 2010

Ultah Iqbal

Sabtu, 6 Februari 2010
Sore2 Asih cerita kalo Iqbal- keponakan kami- sudah ngundang teman2nya buat ulang tahun di rumahnya besok hari Ahad. Weks, jadi inget ini sudah bulan Februari. Tanggal 7 Pebruari itu tanggal kelahiran jagoan kecil itu- Jupri nama olokannya- tujuh pebruari. Tahun 2000 silam ia lahir.

Bocah kelas 4 sd itu tak terasa sudah pinter bersosialisasi. Teman2 main bolanya pada di undang buat makan2 di rumah. Hiburannya main play station sewaan. Pada dasarnya bocah itu sangat pemalu, jarang bicara kalo tak di tegor duluan, tapi suka main bola dan kakinya agak melengkung. Khas banget dengan tabiat kakeknya, bapak kami.

Bapak paling pemalu di antara 7 bersaudara. Orang2 mengatakan pendiam. Tapi menurut saya belio tidak pendiam. Tetap banyak bicara kalo di rumah. Kalo saya rada kurang ajar pun bapak ga diam saja. Hajar !!! hahahhha. Ga ding. Ya di tegor, tapi kalo masih ngeyel bisa2 kena tendang ato tangan yg maju. Hanya sama tuti saja belio suka marah karena paling bandel. Sama yg laen apalagi sama cucu2nya belio bae banget.

Bakat bapak maen bola rupanya tidak menurun ke anak lakinya, malah ke cucunya. Abang ga bisa main bola. Lari pun dia ragu2, kekkekeke. Pernah saya liat lomba bola tujuh belasan, abang jadi kiper. Itu sudah lumayan, hehhehe.

Kalo liat Iqbal saya jadi kek liat penampakan bapak. Badan kurusnya, senyumnya, pemalunya, kaki melengkungnya, cara jalannya. hanya matanya yg besar dan bulat ia dapatkan dari ibunya.

Waktu bapak wafat, Iqbal tampak terpukul sekali. Ia pura2 tidur di kamar Asih. Badannya tertelungkup, membenamkan wajah di atas tumpukan bantal. Sama sekali tak mendongakkan wajah walo banyak orang berseliweran di dekatnya. Bocah itu sudah bisa merasakan duka yg mendalam di tinggal kakeknya. Pasti hatinya tersayat sekali kehilangan orang yg sangat mengasihi. Ia seperti kehilangan kembarannya saja.(Benar juga kalo di bilang kasih seorang kakek pada cucunya besar sekali. Bapak tak pernah negor kalo cucunya bandel. Biar bapaknya saja yg marahin).

Bapak emang sangat sayang ma cucu satu itu. Di jemput tiap hari kalo pulang sekolah. Pake sepeda kumbang. Yang laen pada di jemput pake mobil, motor ato becak sewaan. Sampe2 kalo jam sekolah jalan di depas sd nya macet. Suara peluit satpam dan klakson kendaraan beradu melengking. Dan ternyata prestasi sekolahnya ga kalah sama yg di jemput pake kendaraan. Tetep dapet rangking sejak kelas satu. Wah nak... pinter juga kamu, hehehhhe

Selain suka di jemput, kalo ada rezeki juga suka di beliin baju ato mainan. Kalo pergi juga suka bawain oleh2 buat Iqbal. Sampe2 pernah pas bapak ada acara piknik ke Jawa timur, bocah itu belom bubu juga. Nunggu kakeknya pulang meski sudah larut malam.

Besok pagi dia genap berusia 10 tahun. Saya tawarin dia pengin di beliin apa. Mumpung masih kecil hehehhe. Kalo sudah gede belom tentu saya mampu beliin dia hadiah hehheh. Baju ogah, tas ogah. Lha apa? sepatu, dia bilang. Ya ya, sepatu juga boleh. kebetulan Sabtu libur. Jalan2 yuk beli sepatu. Tapi kudu servis motor dulu nih.

Sambil servis, motor di tinggal aja. Trus ngeblog di warnet depan bca. Trus balek liat Oprah di metro tv. Terus jemput sekolah Iqbal. Sholat zuhur bentar, trus cabut deh ke Ramayana sama Iqbal.

Met ultah ya nak....

0 komentar:

Posting Komentar