Selasa, 10 November 2009

The Hero Has Gone

Ahad, 1 November 2009

Bapak, ayah yang telah menghidupi dan melindungi kami, 5 bocah ini, telah menghadap sang Khalik. Pas hari Ahad, 1 November 2009 jam 21.20 Wib. Dulu memang 5 bocah saat kami kecil dan hidup dalam kesusahan. Banyak orang susah, bahkan lebih susah , tapi hidup keluarga kami bagi orang lain sering di anggap aneh. Tapi Allah maha besar, kalo bisa melampaaui ujian - Nya maka hadiah yang di berikan Allah akan jauh lebih besar. Terbukti, kelima anak ini pada sehat wal afiat. Dulu 5 bocah, sekarang 5 orang dewasa. Alhamdulillah...

Mencari pahlawan tak usah jauh2. Setiap ayah sudah jadi pahlawan bagi anak2nya. Bukankah mereka sudah berjuang agar anak2nya tak kelaparan, bisa sekolah dan menjalani hidup secara manusiawi. Dan itu tentu bukan pekerjaan ringan. Apalagi kalo anaknya hampir setengah lusin kek kami.

Berawal dari sms asih. Baru setengah empat sore waktu itu. Ahad, 1 November 2009. Ia nyuruh saya: "cepat2 berkemas karena abang sulung sudah berangkat menjemput. Tadi bapak jatuh, gantian yg nunggu".

Belum selesai kemas2, abang sulung sudah mejeng di depan bengkel. Teman2 pun keknya sudah pada pengin pulang. Langsung deh tutup bengkel.

Sampe rumah terlihat ruang tamu bersih dan lapang. Dipan yg biasanya di umpetin sudah dipake bapak duduk. Di alasi kasur dan sprei cantik. Kalo sakit bapak memang tidurnya pindah di depan biar gampang di awasi. Bapak duduk sendiri menikmati sore. tak tampak kalo sakit yg mengkhawatirkan. Hanya semalam bapak emang habis periksa dokter. Tes ecg untuk liat kondisi jantung. Dan hari Senin besoknya jadwal saya nganter bapak tes darah dan paru2.

Ia kecapekan setelah perjalan jauh yang cukup melelahkan di usia yg sudah senja. kamis pagi maren baru nyampe rumah setelah dua minggu tinggal di Bali. Nengok cucunya yang baru : Muhammad Zakki. Anaknya Nia. Nia ini anak bapak nomor 4, adek tuti pas, kakanya Asih. Dulu Pas lahirin anak pertamanya si Nia : Asa, bapak juga nungguin. Bapak emang sayangggggggggggggg banget ma anak2nya. Hehehe.. itu makanya kami lebih deket ke bapak .

Mata kiri bapak tampak biru lebam. kek petinju habis kena jotos lawan.

Me : Jatuhnya di mana pak?

Bpk : Tadi tiduran di kursi, jatuh di lantai.

Me : Lha kok sampe lebam matanya, tadi tuh mimpi apa?

Bpk : Mimpi sholat, tau2 kok sudah di gotong Yanto dan ibumu.

Me : Ooohhh pantes mata lebam. Jadi tadi tuh berdiri, sholat gak sadar. Tentu saja jatuh dan mata duluan yg kena.

Lalu paman dan bibi pun pada berdatangan. Maghrib, bapak muntah. Cepat2 manggil taksi dan belio di bawa ke rs pku muhammadiyah.

Jam 21.10 saya ke rumah paman. Asih sms nyuruh paman cepet2 ke rs. Balek ke rumah sudah ada berita bapak meninggal. Innalillahi Wainna ilayhi rojiun...

Tetangga berdatangan. Sebagian menghibur ibu, sebagian kerja bakti mengatur rumah. Saya jongkok di tepi dapur, sendirian, menghadap sumur. Nangis sesenggukan. Nyesel sekali tadi belum sempat salaman pas bapak berangkat ke rs. Tapi ajal...siapa bisa tau datangnya.

Saya ingin ketemu bapak. Di tengah kesibukan dan sembab air, mata saya ajak abang ke rs. Tapi ia tampak keberatan. Sebagai anak laki2 tentu ia gak enak bila di rumah banyak orang ia malah pergi.

Abg : ga ada motor

Me : Tapi saya mo ketemu bapak

Akhirnya dengan motor pinjaman kami ke rs. Tanpa jaket, udara dingin sekali dan jalanan sudah sepi, menembus malam. Melihat wajah ayah sesaat sebelum belio di mandiin petugas dan paman.

Istri abang yg nungguin bapak cerita .....

Tadi sesaat sebelum wafat, bapak tiba2 terbangun dari tidur. (Padahal badannya sudah lemah. Pas mo muntah yang terakhir di rs saja tadi harus di bantuin bangun).

Grobyakkkkk... bapak bangun dengan kaget.

Bpk : kau bawa ke mana aku ini Tini? (Padahal bpk barusan tanya jawab ma dokter)

Kk : Di rs pak, cari obat.

Bpk : Tidak. Ini bukan rs. Rs kok terang benderang gini. Luas sekali dan putih semua.

kk : Subhanalloh, Bapakkkkk..... (Kk baru ngeh bapak sudah deket alam lain)

Bapak tidur lagi. sesak napas, dikasih perawat oksigen. Dikipasin juga biar gerahnya berkurang. Di tuntun Asih tahlil, tahmid, takbir. Allah... Allah....

Akhirnya...lesssss...Bapak wafat. Dokter datang, menyenter bola mata bapak dan berucap: Innalillahi wainna ilayhi rojiun...

Pukul 21.20 bapak berpulang.

Bapak... maafin tuti anakmu ini...

baru saya sadari... jadi bau harum misterius yang munsul tengah malam sebulam lalu itu adalah bau harumnya malaikat Izrael yang tengah mendatangi bapak.

Semoga dosa2 bapak di ampuni Allah, amal kebaikannya di terima Allah. dan anak2nya bisa mewarisi kesabarannnya. AAmien...

(Sejak bapak meninggal tuti ini jarang2 ke warnet malam2. Sudah gak ada yg ngawasin lagi. Gak ada juga yg bukain pintu di rumah. Ibu pun selalu melarang anaknya ini pergi malam2. Dan kalo denger cerita mimpi bapak jadi tau deh : bahwa alam akhirat itu beneran ada dan ......luas sekali. Hanya amal kebaikan yang akan kita bawa ke sana kelak )

0 komentar:

Posting Komentar